Kamis, 25 April 2013

LOMBOK I LOVE YOU

Posted by Alfan Ananta on 16.58



Pulau Lombok adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat. Pulau yang lain adalah Pulau Sumbawa. Pulau Lombok termasuk pulau kecil di kepulauan Nusantara, namun bagi propinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu pulau yang besar. Pulau Lombok luasnya sepertiga dari luas Pulau Sumbawa. Namun, penduduk Nusa Tenggara Barat yang berjum;ah lebih dari tiga juta, dua pertiganya tinggal di Pulau Lombok. Hal ini terjadi karena pulau Lombok lebih subur dari pulau Sumbawa. Penduduk pulau Lombok adalah orang Sasak. Mereka pemeluk agama islam.
Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram. Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dan pulau ini sendiri dibagi menjadi kabupaten dan 1 kotamadya: Kotamadya Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara.
Sejarah
            Lombok dan Sasak adalah dua nama yang tidak bisa dipisahkan. Nama Lombok untuk sebutan pulaunya, dan nama Sasak untuk sebutan suku bangsanya. Lombok berasal dari bahasa sasak “lombo” yang artinya lurus. Sasak sebenarnya berasal dari kata “sak-sak” yang artinya perahu bercadik.
            Nama Lombok dalam berbagai cerita lisan maupun tertulis dalam takepan lontar adalah salah satu nama dari pulau Lombok. Nama lain yang sering disebut adalah pulau “Meneng” yang artinya sepi. Ada yang menyebut Gumi Sasak dan ada yang menyebut Gumi (bumi) Selaparang, sesuai dengan nama salah satu kerajaan yang terkenal di Pulau Lombok yaitu kerajaan selaparang.
            Pulau Lombok sejak zaman kerajaan Majapahit sudah terkenal. Hal ini terbukti dengan disebutnya dalam buku Negarakertagama yang ditulis oleh Empu prapanca. Negarakertagama juga ditemukan di Lombok.
            Kapan nama Lomboq berubah menjadi Lombok, dan nama Sak-sak berubah menjadi Sasak, tidak diketahui secara pasti. Yang jelas sekarang pulaunya terkenal dengan nama Pulau Lombok dan suku bangsanya terkenal dengan nama Sasak. Nama Selaparang kini diabadikan menjadi sebuah nama jalan protokol di Mataram propinsi Nusa Tenggara Barat.
Wisata indah pulau Lombok
            Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melanda Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang.
            Pulau Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia, dan berada di propinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau ini menjadi tujuan wisata yang cukup menarik dan banyak menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau ini tidak kalah terkenal dengan Pulau bali di mata wisatawan mancanegara. Di Pulau Lombok ini banyak menyuguhkan keindahan alam, kebudayaan yang unik dan makanan khasnya. Tapi, akhir-akhir ini keindahan alamnya mulai banyak dibicarakan.
            Pantai Senggigi merupakan salah satu keindahan alam yang dimiliki pulau Lombok sebagai tempat wisata. Pulau yang bernuansa cukup tenang, bersih dan nyaman ini menjadi hal yang menarik perhatian wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Air lautnya jernih dan terjangan ombaknya pun tidak terlalu besar. Pasir putih dipadukan dengan warna air laut yang biru sebiru langit, indah bukan. Hangatnya pasir pun bisa dijadikan sebgai terapi alternative kesehatan dengan mengubur tubuh menggunakan pasir putih.
            Gunung Rinjani seakan tak mau kalah dalam menyuguhkan keindahan alan sebagai tempat wisata yang dimiliki Pulau Lombok. Gunung ini merupaka gunung kedua ttertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci di Sumatera. Gunung ini merupaka gunung favorit bagi para pendaki seIndonesia karena pemandangannya yang sungguh luar biasa. Dan pemandangan yang paling eksotis yang disunguhkan adalah pemandangan Segare Anak.
Tidak jauh beda dengan tempat wisata yang lainnya, air terjun Sendang Gile pun memiliki keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini terletak di bawah gunung Rinjani tepatnya di desa Senaru. Air terjun ini terdiri dar dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Begitu banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang dating berkunjung dikarenakan pemandangan alamnya yang sungguh alami dan airnya yang sangat menyejukkan.
Masih banyak tempat-tempat wisata yang menarik yang dimiliki oleh Pulau Indah ini, diantaranya Cakranegara, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Sembalun, Tete Batu Gili Nangu, Gili Sundak, Gili Tangkong, Hutan Monyet Pusuk dan Sentanu.
Begitu pula dengan wisata Budayanya. Lombok memiliki banyak tempat wisata, bukan hanya untuk keindahan alam, namun keindahan budaya pun ada di Pulau Lombok yang indah ini. Salah satunya adalah Taman Narmada yang terletak di desa Lembuak Lombok Barat.
Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman yang luasnya sekitar 2 ha (hektar are) ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.
Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) diasosiasikan dengan Tirta Amerta (air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kemungkinan nama Narmada digunakan untuk menamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. Lama-kelamaan digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada. Keindahan budaya yang dimiliki oleh Narmada mampu menarik perhatian para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.
Dan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan budaya dan alam di Pulau Lombok adalah Pura Suranadi. Pura Suranadi merupakan salah satu tempat wisata andalan di Pulau Lombok. Karena itu tidak mengherankan jika banyak sekali para wisatwan yang datang untuk menikmati keindahan alam maupun budaya yang ditampilkan.
Taman suranadi terletak di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Taman dengan luas sekitar 52 hektar ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi berdasarkan SK Menteri Pertanian pada tanggal 15 Oktober 1976. Tujuan penetapan tersebut guna meningkatkan fungsi konservasi, baik flora maupun fauna serta ekosistemnya agar tercapai keserasian lingkungan sebagai objek rekreasi, pendidikan, kebudayaan, penelitian dan kepariwisataan.
Semua yang dimiliki oleh Pulau Lombok merupaka milik kita juga sebagai suku Sasak yang tinggal di Tanah Suci ini. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melestarikan  harta karun yang dimiliki oleh Pulau tercinta ini. Dan hanya dengan tiga kata untuk menyampaikan rasa terimakasih ku kepada Lombok, yaitu I LOVE YOU LOMBOK.
            .

0 comments:

Posting Komentar