Jumat, 08 November 2013

Puas Internetan Cuuman Pake XL

Posted by Alfan Ananta on 07.22



Aku bisa dibilang merupakan orang yang gila akan internet, baik itu untuk browsing, facebookan, twitteran dan yang paling aku suka adalah mendownload film atau yang lainnya. Ngomong-ngomong tentang internet, ada yang tahu gak siih apa itu internet? Yep…bener banget, internet adalah sebuah system jaringan yang menjadi satu-satunya yang terkoneksi dengan data sehingga menjadi layanan informasi atau media. Dengan kata lain, internet sangat berguna untuk semua orang yang ingin melakukan komunikasi jarak jauh dengan keluarga, sahabat, guru dan yang paling sering terlihat adalah berkomunikasi dengan pacar.
            Melirik dari kutipan diatas, kita perlu ketahui seperti apa sejarah dari internet itu sendiri. Kali ini saya akan memberikan sedikit kutipan tentang sejarah internet, sehingga kita tidak dikatakan sebagai pengguna saja, akan tetapi kita juga tahu sejarah dari internet itu sendiri. OK!! baiklah ini  dia.
            Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Itu adalah sedikit kutipan tentang sejarah internet yang saya kutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet, semoga bermanfaat eaaa.
Aku mengenal Internet sejak masih duduk dibangku SMA atau sederajat, bisa dibilang aku orangnya ketinggalan teknologi dimana orang sudah terbang menggunakan pesawat eehh aku masih pakai cidomo. Namun, hal itu tidak membuat aku minder, dengan berkembangnya zaman dan teknologi akhirnya aku pun mengikuti perkembangan tersebut dengan bukti aku bisa menggunakan internet untuk membuat Facebook, Twitter (@Kim_Alfananta) dan Blog. Yaa…meskipun aku punya Facebook saat duduk dibangku 1 MA. Ketinggalan lagi deeh.
Dengan terjangkitnya virus internet, pernah satu waktu aku internetan dari pukul 20.00 – 23.00 WITA hanya untuk sekedar Facebookan dan download video. Berangkat dari peristiwa itu, aku mencoba mencari cara alternative untuk bisa internetan sepuasnya tapi dengan biaya yang sekecil mungkin. Dan akhirnya Allah swt mendengarkan do’a ku, melalui sahabat terbaikku Furqon yang terkenal dengan panggilan Kosma SOEK menawarkan cara bagaimana internetan sepuasnya dengan kartu XL dan yang lebih membuatku bahagia yaitu biaya yang dikeluarkan sangat murah hanya Rp. 40.000,00 saja. Luar biasakan.
Cukup dengan Rp. 40.000,00 untuk internetan selama 1 bulan. Inilah yang selama ini saya cari-cari untuk kebahagiaan hidupku, dan selama satu bulan pemakaian internetpun berjalan tidak begitu mulus karena terjadi beberapa gangguan pada  XL sehingga mau tidak mau pemakaian internet harus dihentikan. Galau deeh jadinya aku. Tapi, kegalauan itu berakhir dengan begitu cepat setelah sempat galau selama beberapa minggu karena tidak pernah merasakan internetan dengan biaya yang kecil, seorang teman menawarkan sebuah program yang memungkinkan kita untuk berinternetan sepuasnya.
“Selama laptop tidak mengalami penginstalan, kita bisa menggunakan internet dengan sepuasnya,” ucap teman yang menawarkan program tersebut. Aku tidak langsung mengambil keputusan saat itu, karena keterbatasan biaya yang melanda. Maklum kita harus bayar sebesar Rp. 150.000,00 , itu jumlah uang yang tidak sedikit. Singkat cerita, akhirnya program itu pun aku ambil dengan diskon yang cukup besar. Namun, ada satu hal yang membuat aku mengambil program itu adalah bisa menggunakan kartu XL. XL memang sebuah kartu yang memberikan layanan internet yang luar biasa, dengan biaya yang sekecil pun kita bisa berinternetan sepuasnya dan apalagi program ini tidak membutuhkan pengisian pulsa alias GRATIS..TIS..TIS.
Sudah sekitar tiga mingguan aku menggunakan program yang ditawarkan temanku itu, dan sudah sekitar 50 jenis film yang aku download, 150 mp3 lagu-lagu keren dan masih banyak yang aku dapat dari penggunaan internet dengan kartu XL. Aku memang pecinta XL karena dari SMP sampai kuliah sekarang, aku masih menggunakan XL sebagai kartu favoritku. XL selalu dihatiku. Kalian juga harus menggunakan XL eaaa.

           

0 comments:

Posting Komentar